Kamis, 16 Juni 2011

Read More..

Hebatnya Nenek Moyang Kita....Batik Pun Mempunyai Unsur Matematika!





Batik tidak hanya kaya akan filosofi. Batik juga kaya akan penghitungan matematika. Tampaknya nenek moyang kita telah meninggalkan jejak matematika fractal pada kain batik Indonesia.

Adalah M Lukman, Yuri Hariadi alumnus ITB, dan Nancy Margried alumnus Universitas Padjadjaran Bandung membentuk Pixel People Project untuk melakukan penelitian itu.

Apa itu fractal? Fractal adalah salah satu cabang ilmu matematika yang mempelajari teknik perulangan.

Batik fractal adalah proyek awal Pixel Project. Nancy mengungkapkan ide munculnya batik fractal saat ia bersama Yun dan Luki (Lukman) membicarakan objek yang unik untuk dijadikan desain. Luki yang menjadi desainer senang menggambar objek unik. la sering menggambar robot atau tokoh komik dengan teori matematika fractal. Pada suatu ketika Nancy meminta agar Luki menggambar objek yang lebih organis seperti tumbuhan. Luki melukiskan gambar organik, yang kemudian tampak seperti batik.

Yun yang ahli matematika sepakat untuk meneliti kemungkinan batik-batik di Indonesia memiliki unsur matematika. Dari situ, mereka mulai mengumpulkan beragam motif batik untuk dianalisis dari sudut pandang matematika. Sebanyak 300 motif batik dianalisis. Mereka juga berkonsultasi dengan Achmad Haldani yang terkenal sebagai ahli batik tradisional di Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB.


"Ternyata dari hasil penelitian itu setiap batik tradisional memiliki unsur matematika. Ketika diaplikasikan ke komputer dengan menggunakan rumusan matematika fractal, terdapat kesamaan," kata Nancy.

Dengan rumus matematika fractal itulah batik-batik tradisional itu bisa dikembangkan dan dimodifikasi. Mereka kemudian menyebut batik hasil modifikasi itu sebagai motif batik fractal.

Sekitar 300 batik yang tersebar di Indonesia telah diteliti lalu didesain ulang lewat komputer dengan menggunakan peranti lunak open source khusus, yaitu J-Batik.

Hasil riset komprehensif yang dikembangkan lewat analisis fractal, menurut Luki, bisa menjadi pembuktian sahih bahwa akar batik memang berasal dari Indonesia. "Pembuktian itu benar bahwa batik bukan dari negara lain, tapi dari Indonesia. Dengan riset itu pula bisa membantu prediksi terhadap perkembangan motif batik Indonesia di masa depan," jelas Luki.

Inovasi yang terbilang sebagai sebuah terobosan baru di Iridonesia itu sangat menggembirakan. Apalagi desain pertama mereka bisa dipamerkan dalam ajang konferensi internasional seni generatif di Milan, Italia, akhir 2007 lalu.
"Dan kami satu-satunya yang menampilkan warisan tradisional dalam pameran itu. Responsnya pun sangat bagus," imbuh Luki.

Apalagi saat ini desain-desain batik fractal mereka telah masuk ranah industri. Rumah Batik Komar di Bandung telah bekerja sama dengan Pixel dalam mengembangkan batik fractal itu. Menteri Riset dan Teknologi Kusmayanto Kadiman pun menjadi salah satu pelanggan favorit batik fractal.

Nancy dan Luki menambahkan, setiap satu motif batik tradisional bisa didesain ulang dan dikembangkan menjadi ribuan motif baru. Namun, ada pula kendalanya di lapangan. "Tidak semua perusahaan alat batik bisa menciptakan alat batik yang cukup rumit. Jadi kalau motifnya mau dikembangkan lebih rumit lagi, takutnya malah tidak bisa dicetak," kata Nancy yang menjadi kepala bisnis dalam perusahaan mereka.
Read More..
Read More..

mathematics is magic

Percaya gak percaya aku bisa menebak pikiran kamu. Mari kita bermain sebentar dengan matematika. kamu harap kamu adalah orang yang suka dengan matematika, kalaupun tidak suka kamu berharap setelah permainan ini kamu menjadi suka dengan matematika. Inilah permainan kita!
Aku minta kamu memilih tiga angka berbeda antara 0-9. Lalu susunlah angka-angka tersebut sehingga menjadi sebuah angka dengan ratusan, puluhan dan satuan. Anggaplah susunannya ABC.
Lalu tugas kamu selanjutnya adalah membalik susunan angka tersebut dari yang pertama. Kalau tadi urutannya ABC maka sekarang menjadi CBA. Setelah itu carilah selisihnya. Catatan: selisih selalu bernilai positif karena selisih adalah hasil pengurangan bilangan besar dikurangi bilangan kecil.
Dari sini diketahui selisihnya. Anggap saja susunan angkanya sebagai XYZ. Kalau hanya terdiri dua angka hasil penghitungan selisihnya maka beri angka 0 (nol) di depannya. Kalau sudah sekarang kamu balik urutan angkanya menjadi ZYX.
Nah karena di awal kita melakukan pengurangan, maka di tahap kedua ini kita melakukan penjumlahan. Sekarang kamu jumlahkan hasilnya XYZ + ZXY.
Kalau sudah maka aku bisa menebak dan pastikan jawabanmu adalah :

Bagaimana, sungguh ajaib bukan?! Dengan bantuan matematika ternyata aku bisa menebak isi pikiranmu.
Ternyata masih ada lagi hal-hal yang ajaib dari matematika. Ini dia sebagian dari keajaiban itu:
Coba Perhatikan angka-angka ini !
1 x 8 + 1 = 9
12 x 8 + 2 = 98
123 x 8 + 3 = 987
1234 x 8 + 4 = 9876
12345 x 8 + 5 = 98765
123456 x 8 + 6 = 987654
1234567 x 8 + 7 = 9876543
12345678 x 8 + 8 = 98765432
123456789 x 8 + 9 = 987654321
Sungguh Menakjubkan keteraturan angka-angka tersebut. Oya kalau tidak percaya boleh di cek dengan komputer atau kalkulator atau sempoa atau kerikil atau lidi dan seadanya.
Kita lihat contoh lagi !
1 x 9 + 2 = 11
12 x 9 + 3 = 111
123 x 9 + 4 = 1111
1234 x 9 + 5 = 11111
12345 x 9 + 6 = 111111
123456 x 9 + 7 = 1111111
1234567 x 9 + 8 = 11111111
12345678 x 9 + 9 = 111111111
123456789 x 9 + 10 = 1111111111
Hasil yang Fantastik tentunya !!!
Satu lagi contoh yang tak kalah menakjubkan. Ini dia :
1 x 1 = 1
11 x 11 = 121
111 x 111 = 12321
1111 x 1111 = 1234321
11111 x 11111 = 123454321
111111 x 111111 = 12345654321
1111111 x 1111111 = 1234567654321
11111111 x 11111111 = 123456787654321
111111111 x 111111111 = 12345678987654321
Lihat kesimetrisan hasilnya. Sungguh menakjubkan bukan?!
Kalau sudah begitu pastilah yang menguasai dan sumber dari segala sumber ilmu lebih menakjubkan lagi. Dialah Alloh Yang Maha Ilmu.

http://blog.unsri.ac.id/KarinAmeliaS/something-worth/mathematics-is-magic/mrdetail/19430/
Read More..

The Uniqueness of Math

Keunikan Matematika

ini hanya permainan angka aja
lihat piramida angka dibawah ini:


1 x 8 + 1 = 9
12 x 8 + 2 = 98
123 x 8 + 3 = 987
1234 x 8 + 4 = 9876
12345 x 8 + 5 = 98765
123456 x 8 + 6 = 987654
1234567 x 8 + 7 = 9876543
12345678 x 8 + 8 = 98765432
123456789 x 8 + 9 = 987654321



1 x 9 + 2 = 11
12 x 9 + 3 = 111
123 x 9 + 4 = 1111
1234 x 9 + 5 = 11111
12345 x 9 + 6 = 111111
123456 x 9 + 7 = 1111111
1234567 x 9 + 8 = 11111111
12345678 x 9 + 9 = 111111111
123456789 x 9 +10= 1111111111



9 x 9 + 7 = 88
98 x 9 + 6 = 888
987 x 9 + 5 = 8888
9876 x 9 + 4 = 88888
98765 x 9 + 3 = 888888
987654 x 9 + 2 = 8888888
9876543 x 9 + 1 = 88888888
98765432 x 9 + 0 = 888888888



Kemudian, lihat juga piramida perkalian ini:

1 x 1 = 1
11 x 11 = 121
111 x 111 = 12321
1111 x 1111 = 1234321
11111 x 11111 = 123454321
111111 x 111111 = 12345654321
1111111 x 1111111 = 1234567654321
11111111 x 11111111 = 123456787654321
111111111 x 111111111 = 12345678987654321



keunikan angka 9


9 x 1 = 09 (0 + 9 = 9)
9 x 2 = 18 (1 + 8 = 9)
9 x 3 = 27 (2 + 7 = 9)
9 x 4 = 36 (3 + 6 = 9)
9 x 5 = 45 (4 + 5 = 9)
9 x 6 = 54 (5+ 4 = 9)
9 x 7 = 63 (6 + 3 = 9)
9 x 8 = 72 (7 + 2 = 9)
9 x 9 = 81 ( 8 + 1 = 9)
9 x 10 = 90 (9 + 0 = 9)



Lihat lagi perkalian 9 diatas, ada 1 yang unik, jika tidak ketemu, lihat lagi ini


9 x 1 = 09
9 x 2 = 18
9 x 3 = 27
9 x 4 = 36
9 x 5 = 45
9 x 6 = 54
9 x 7 = 63
9 x 8 = 72
9 x 9 = 81
9 x 10 =90

http://blog.unsri.ac.id/KarinAmeliaS/tugas/the-uniqueness-of-math/mrdetail/19018/
Read More..

International Mathematics Olympiad

Jum’at (16/07) Tim Olimpiade Matematika Indonesia tiba di Jakarta dan berhasil membawa pulang satu medali perak, empat perunggu dan satu honorable mention dari ajang International Mathematics Olympiad (IMO) ke-51 di Astana, Kazakhstan. Kedatangan tim IMO Indonesia disambut oleh Kasubdit Kegiatan Kesiswaan Dr. Mukhlis Catio M.Ed beserta staf Direktorat Pembinaan SMA di terminal kedatangan 2E Bandara Internasional Soekarno – Hatta, Cengkareng.
Satu medali perak berhasil di raih Ahmad Zaky, siswa kelas XI SMAN 8 Jakarta. Sedangkan empat medali perunggu diraih oleh Johan Gunardi (SMAK 5 BPK Penabur Jakarta), Stefanus (SMAK 1 BPK Penabur Jakarta), Raja Oktovin (SMAN 1 Pekanbaru), dan Tobi Moektijono (SMA IPEKA International Christian School Jakarta) dan Ronald Widjojo (SMAK St.Lois 1 Surabaya) harus puas dengan raihan honorable mention. Keenam siswa Indonesia ini didampingi oleh tim Pembina IMO Hery Susanto sebagai leader, Yudi Satria sebagai deputy leader, dan Budi Surodjo. Tim IMO juga didampingi oleh observer dari Direktorat Pembinaan SMA, yang tak lain adalah Kasubdit Kesiswaan, Dr. Mukhlis Catio M.Ed.
Olimpiade yang berlangsung pada 2 – 14 Juli 2010 ini diikuti oleh 96 negara yang terdiri dari 517 peserta.
Perolehan satu medali perak dan empat perunggu ini menaikkan peringkat Indonesia ke posisi 30 setelah pada tahun sebelumnya berada di peringkat ke-43 dari 104 negara. Menurut Hery Susanto, hasil ini lebih baik dari tahun lalu dan peringkat Indonesia berada di atas Meksiko, Brasilia, India, Yunani, Belanda, Spanyol, Israel, Malaysia, Portugal, dan negara-negara Skandinavia (Denmark, Finlandia, Swedia, Norwegia), serta beberapa negara dengan tradisi olimpiade matematika yang mapan seperti Latvia, Slovakia, Estonia, dan Slovenia. Lima negara di urutan teratas adalah China (total nilai 197), Rusia (total nilai 169), Amerika (total nilai 168), Korea Selatan (total nilai 156), serta Kazakhstan dan Thailand (total nilai 148). Sedangkan untuk peringkat negara-negara ASEAN seperti Thailand berada pada urutan 5, Vietnam urutan 11, Singapura urutan 22, Malaysia urutan 54, dan Filiphina urutan 74.
Kompetisi IMO di Kazakhstan berlangsung selama dua hari. Di hari pertama siswa dihadapkan pada tiga soal dalam waktu 4,5 Jam. Demikian pula di hari kedua. Tiap soal bernilai tujuh angka, sehingga masing-masing peserta mendapatkan skor maksimal 42. Soal-soal yang dikeluarkan pada IMO kali ini diusulkan oleh negara peserta yang dikemudian diputuskan pada judges meeting yang diikuti oleh semua leader dari masing-masing negara peserta. Kriteria soal IMO tahun ini adalah soal non-rutin dan baru.

http://blog.unsri.ac.id/KarinAmeliaS/tugas/international-mathematics-olympiad/mrdetail/19160/
Read More..

Keajaiban Angka 7


Tujuh adalah angka keramat. Banyak sekali keajaiban angka 7 diantaranya :
1. Ada 7 hari dalam penciptaan
2. Ada 7 hari dalam satu minggu
3. Ada 7 tahapan bulan
4. Setiap tahun ke-7 adalah tahun sabat
5. Ada 7 masa dalam kehidupan manusia
6. Ada 7 Lampu Arsitektur
7. Ada 7 langit
8. Ada 7 bintang
9. Ada 7 nada musik
10. Ada 7 warna utama
11. Ada 7 keajaiban dunia
12. Sisi kebalikan dari dadu itu berjumlah 7
13. Batas minimal pemain di sebuah tim sepak bola adalah 7 orang bila kurang tim lawan menang dengan skor 3-0
14. Pelangi memiliki 7 huruf yang berbeda dan 7 warna yang berbeda
Read More..

PEMPEK DAN MATEMATIKA

Aku senang pempek
Kumakan hampir setiap hari
Kata mamaku supaya aku pintar

Aku senang matematika
Kupelajari setiap hari
Ada bilangan dan ada geometri

Ada pempek ada matematika
Ada lenjer cak tabung
Ada lenggang cak balok
Ada adaan cak bola
Ada-ada saja

Puluhan nama pempek
Pempek telur, pastel berisi kates, otak-otak, panggang, dan dos
Kalau kapal selam pempek paling besar karena satu telur
Semuanya dimakan dengan cuko

Sekarang aku lagi makan pempek lho...
Enak sekali...
Sudah pernah mencoba belum?
Aku sudah lima dan ingin tambah lagi
Tapi kata mamaku aku harus buat PR matematika dulu
Aku harus buat PR matematika dulu

R. Al_Fajri
Kelas III SD Islam Az-zahra Palembang

Bagaimana komentar Anda setelah membaca puisi di atas???
Read More..

Media Pembelaran Berbasis ICT

RPP ICT
Video Pembelajaran ICT
PPT pembelajaran ICT Read More..

Geogebra

Langkah-langkah meng-install Geogebra pada Windows XP/Windows 7:
1. Sebelum melakukan installasi, pastikan komputer/laptop telah mendukung java programs, karena Geogebra pada dasarnya berbasis java.
Untuk pengecekan apakah komputer telah mendukung java programs dapat melakukan langkah-langkah berikut:
a.       Masuk ke “Control Panel”

b.      Klik “Uninstal a Program”


c.       Lalu akan ditampilkan program-program yang telah ter-install, jika telah terinstall akan terdapat program “Java (TM) SE Runtime Environment 6” atau program pengdukung aplikasi java program sejenisnya, seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

Jika belum ter-install, maka perlu meng-install Java Runtime Environment (JRE) ini (download di sini). Klik 2x pada file yang telah di download untuk melakukan peng-install-an, kemudian ikuti langkah selanjutnya, hingga selesai.
2.       Setelah JRE ter-install, kemudian install software Geogebra di http://www.geogebra.org/cms/.
Cara-cara mendownloadnya, lakukan langkah-langkah berikut:
1. klik download
2.kemudian klik webstart.

Klik 2x pada file yang telah di download untuk melakukan peng-install-an, kemudian ikuti langkah selanjutnya, hingga selesai.
3.       Setelah selesai, jalankan program.



Read More..